Firstplay88 Cara Merawat Tanaman Pare Agar Berbuah Lebat

Cara Merawat Tanaman Pare Agar Berbuah Lebat – Firstplay88 Labu pahit yang biasa dikenal dengan labu pahit atau pare merupakan jenis sayuran yang banyak dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan produksi ASI, meningkatkan nafsu makan dan detoksifikasi. dari dalam tubuhnya, sehingga pare memiliki nilai ekonomi dan peluang pasar yang besar. Secara optimis, permintaan pasar akan pare dapat membantu petani dalam membudidayakannya.

Aplikasikan kapur atau dolomit untuk menetralisir pH tanah, kebutuhan kapur disesuaikan dengan tingkat keasaman tanah, misalnya pH awal 5,6 maka kapur sebanyak 2,65 ton per hektar.

Cara Merawat Tanaman Pare Agar Berbuah Lebat

Firstplay88 Buatlah bak dengan tinggi 20 cm pada musim kemarau dan tinggi 30 cm pada musim hujan serta lebar 1,5 m dan panjang 1,5 m tergantung kondisi tanah.

Rahasia Pemupukan Tanaman Terong Agar Berbuah Lebat

Firstplay88 Pada saat yang sama, 10-15 ton pupuk kandang per hektar diterapkan di sini, terutama pada musim hujan sebaiknya hindari pupuk dari unggas.

Tambahkan 480 kg NPK, 61 kg urea dan 80 kg KCl per hektar dan campur semua pupuk dengan baik dan ratakan kembali bedengan.

Tempat tidur kemudian harus ditutup dengan lembaran plastik perak dan hitam, dan handuk harian harus diletakkan di siang hari sehingga Anda dapat merentangkan handuk dan melebarkannya. Sehari sebelum menanam, buatlah lubang pada tanah untuk membuat lubang tanam.

Jarak ideal antar tanaman sambiloto 45-60 cm, jarak tanam 120-150 cm, 2 baris tanaman per bedengan.

Apakah Buah Salak Dapat Menyebabkan Sembelit ???

Pembibitan langsung biasanya dilakukan pada musim hujan, sedangkan pembibitan dilakukan pada musim kemarau, namun untuk menghemat penggunaan benih dan mengurangi jumlah rerumputan yang mati maka dianjurkan penyemaian benih. bidang.

Proses penyemaian benih pare diawali dengan pembuatan media semai, media tanam yang digunakan untuk media semai adalah campuran tanah, arang, kompos dan sabut kelapa, sebelum ditanam ditebar terlebih dahulu bagian tajam benih pare dengan gunting kuku. Karena kulit labu tebal dan tebal, benih pipih dapat langsung ditanam di baki jaring 14x atau baki pot. 7 Lubang, setelah dijahit di rumput, tutupi dengan bungkus plastik.

Penyiraman sebaiknya dilakukan setiap hari selama masa tanam, apalagi jika persemaian dilakukan pada musim kemarau sebaiknya dilakukan penyiraman 2-3 kali sehari.

Umumnya benih berkecambah 5-7 hari setelah tanam dan siap dipindahkan 3 minggu setelah tanam.

Cerita Budaya Desaku

Pindahkan benih ke tempat penanaman, isi setiap lubang dengan 1 benih, proses tanam sebaiknya dilakukan pada sore hari kemudian disiram.

Pada tahap awal pertumbuhan tanaman sangat membutuhkan suplai air, sehingga sampai dengan 1 minggu setelah tanam, tanaman harus disiram setiap hari. Setelah itu tanaman bisa disiram selama 2-3 hari tergantung cuaca.

Pare memerlukan ajir atau ajir untuk memanjangkan batangnya, dua bedengan dapat disambung untuk membuat teralis, dan buahnya dapat digantung di sepanjang jalan berbuah sehingga memudahkan proses pemanenan. Kecepatan setelah menyalin.

Pemupukan pertama dilakukan saat tanaman berumur 3 minggu, dan pemupukan berikutnya dilakukan dengan interval 2 minggu.

Cara Budidaya Pare Belut Dari Biji Secara Organik Agar Cepat Berbuah Lebat Dan Menguntungkan

Pupuk NPK 15:15:15 ditaburkan pada jarak 15 cm dari tanaman dan diaplikasikan dengan takaran 5-10 g per tanaman.

Selain pemupukan tambahan, budidaya pare juga memerlukan pengendalian hama dan penyakit yang paling baik dikendalikan melalui cara preventif yaitu penyemprotan insektisida secara berkala. Dosis dan cara aplikasinya berdasarkan rekomendasi produsen pestisida, biasanya tertera pada kemasan.

Beberapa penyakit yang biasa menyerang tanaman pare adalah hawar bakteri, layu fusarium, cercospora, dan geminivirus, sedangkan hama yang biasa menyerang tanaman pare adalah ulat, thrips, dan lalat buah yang semuanya dapat menyebabkan kerusakan tanaman.

Pengendalian hama dan penyakit dapat dicapai dengan menggabungkan insektisida dan fungisida dengan aplikasi pupuk daun secara bersamaan.

Mudah! 5 Cara Merawat Tanaman Kakao Agar Berbuah Banyak

Selain itu, pemanenan dilakukan setiap 3-4 hari sekali hingga produktivitas tanaman menurun sehingga kualitas hasil panen dapat terjaga. Total hasil per musim tanam adalah 25-40 ton per hektar. Meski rasanya pahit, banyak orang yang menyukai pare. labu pahit (

) juga dikenal sebagai Parikh. Buah yang digunakan masih muda, berbentuk bulat, berwarna hijau muda dan berbintil-bintil di permukaan kulitnya. Tumbuhan sambiloto ini tumbuh merambat, batangnya lebih pendek, lebih panjang, dan lebih kuat dari mentimun.

Tumbuhan murni memiliki daun berbentuk jari. Daunnya berwarna hijau tua di bagian atas dan hijau muda atau hijau kekuningan di bagian bawah. Pahit ayam/hijau, seledri/mentega/putih, dan pahit Taiwan/impor adalah beberapa pahit yang umum ditanam oleh petani. Selain dikonsumsi sebagai sayuran, cuka juga berkhasiat untuk diabetes, gangguan pencernaan, penekan nafsu makan, anthelmintik, demam dan malaria.

Labu pahit relatif mudah tumbuh karena dapat tumbuh di tanah apa pun hingga ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Tanaman itu sendiri tumbuh paling baik di tanah yang kaya pasir, tekstur gembur, dan drainase yang baik, dengan pH 5-6. Sedangkan untuk paparan sinar matahari, tanaman ini tidak membutuhkan banyak cahaya sehingga bisa ditanam di tempat yang teduh.

Budidaya Tanaman Pare

Labu pahit diperbanyak dengan biji. Sedangkan untuk kebutuhan benih sekitar 70 gram per 100 m2. Sebelum disemai benih pare, sebaiknya benih direndam dalam air dan diseleksi. Tanam biji kaipaya yang terendam air. Benih dapat disemai langsung di lapangan atau disemai terlebih dahulu dalam polybag. Namun biasanya petani langsung menanam bibit pare disini karena lebih praktis.

Sebelum menanam benih, tanah harus disiapkan dengan benar terlebih dahulu. Mulailah dengan melonggarkan tanah. Kemudian bedengan panjang dengan lebar 1,5 m dan tinggi 25 cm dapat dibuat tergantung kondisi tanah. Ingatlah untuk memberikan pupuk dengan takaran 1 kg/100 m2. Lubang tanam digali sedalam 3-5 cm dan berjarak 0,75 x 0,75 m.

Kemudian proses penyemaian benih pare bisa dilakukan di lubang tanam. Sebaiknya tanam 2-3 biji sambiloto sekaligus pada setiap lubang tanam kemudian tutup dengan lapisan tipis. Lakukan hingga seluruh lahan berhasil ditanami biji pahit. Kemudian siram dengan baik sampai tanah relatif lembab. Tujuannya tak lain untuk merangsang perkecambahan biji pare secara cepat.

Bentuk pemeliharaan yang paling dasar adalah penyiraman. Yang terbaik adalah menyirami tanaman setiap pagi dan sore hari. Jika curah hujan cukup, saluran air harus dibangun agar air tidak menggenang. Setelah 2-3 hari tanam, tanaman sambiloto mulai tumbuh. Saat tanaman berumur 2 minggu atau tinggi 50 cm, Anda dapat menempatkan tiang atau anjungan bambu setinggi 1,5-2 m. Perannya sebagai media perbanyakan daun tumbuhan.

Pedoman Budidaya Tanaman Pare Yang Benar Supaya Buahnya Lebat

Setelah tanaman berumur 3 minggu, dengan memotong cabang maka pertumbuhan cabang akan lebih luas dan tingkat produksi tanaman menjadi lebih tinggi. Aturan praktisnya adalah memilih 2 cabang terbesar dan tersehat untuk dipelihara. Pada saat yang sama, cabang lain yang tumbuh di batang dan mencapai ketinggian 1,5 meter harus dipotong. Pemangkasan tanaman pare yang kedua adalah saat berumur 6 minggu, memotong cabang-cabang tua, pertumbuhan kerdil, kerusakan, penyakit dan daun-daun tua.

Selain pupuk organik, pupuk kimia juga harus diberikan. Anda bisa memberikan pupuk NPK hingga 2-3 kg / 100 m2. Sebagai alternatif, dapat diganti dengan kombinasi urea, TSP dan KCl dengan perbandingan 1:2:2 pada 15 g/tanaman (3 g urea, 6 g TSP, 6 g KCl). Pemupukan ini dilakukan dengan menambahkan kompos di sekitar tanaman hingga 10 cm dari batang. Pupuk ini bisa diberikan bersamaan dengan rumput saat tanaman berumur 1 bulan.

Tumbuhan murni berumur 1,5-2 bulan mulai berbunga dimana bunga betina berkembang menjadi buah. Bunga murni berwarna kuning dan bertangkai panjang. Peria dapat dipanen sekitar 2,5 bulan setelah tanam. Jika dipanen sebelum pare, teksturnya masih keras dan rasanya tidak pahit. Rasa pahit didapat saat buah berbintil, kulitnya masih cukup kencang dan alurnya tidak terlalu lebar.

Pahit dipanen dengan memotong batang buah dengan pisau atau gunting steril yang tajam. Jika dirawat dengan baik, tanaman pare ini akan menghasilkan hingga 30 buah/pohon dengan interval panen setiap 5-7 hari sekali hingga berumur 4 bulan. Kemudian ikan gurame yang sudah dipanen dikumpulkan dalam keranjang khusus dan disortir dengan rapi. Cobalah untuk meminimalkan gesekan dan berhati-hatilah agar kulit yang pahit tidak pecah. Pare bisa disimpan di ruangan dengan suhu 10-20, siapa tahu tanaman pare ini? Seperti diketahui, pare merupakan tanaman yang sangat populer di Indonesia bahkan keberadaannya tidak asing lagi ditanam di berbagai lahan milik pecinta botani di seluruh dunia. Peria atau pare nama ilmiahnya Momordica charantia L. Spesies tanaman rambat dengan buah panjang, ujung dan sulur yang menempel.

Satu Pohon Pare Belut Menghasilkan Berapa Buah Selama Produksinya?

Cuka memiliki potensi manfaat. Pahit dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan termasuk untuk kuliner. Inilah resep Pahit Panggang, Pahit Santan, Butternut Squash, dan Pahit Panggang. Dalam dunia medis

Cara merawat petai agar berbuah lebat, cara merawat pohon manggis agar berbuah lebat, cara merawat pohon mangga agar berbuah lebat, cara merawat pohon kopi agar berbuah lebat, pupuk pare agar berbuah lebat, cara merawat kebun kopi agar berbuah lebat, cara merawat durian agar berbuah lebat, cara merawat pohon srikaya agar berbuah lebat, cara merawat kelapa agar berbuah lebat, cara merawat terong agar berbuah lebat, cara merawat pohon kelapa agar berbuah lebat, cara merawat timun agar berbuah lebat

firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *