Mendoakan Orang Yang Sudah Meninggal Katolik

Mendoakan Orang Yang Sudah Meninggal Katolik – Ketika mereka meninggal, jiwa orang percaya masuk ke alam yang disebut Api Penyucian. Purgatory berasal dari bahasa Latin dan dalam bahasa Inggris disebut Purgatory. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya api penyucian. Api penyucian adalah keadaan peralihan sementara bagi jiwa-jiwa saat mereka menjalani penyucian dan mencapai pengudusan untuk masuk surga. Katekismus Gereja Katolik No. 1024 menjelaskan bahwa Surga adalah keadaan kebahagiaan yang sempurna, tertinggi dan pasti, tujuan akhir dari keinginan terdalam seseorang.

Jadi, apa sebenarnya pembersihan itu dan mengapa Anda harus membersihkannya? Yang disucikan adalah dosa-dosa terbuka yang tidak disesali ketika jiwa dipanggil. St Gregorius Agung harus percaya bahwa ada api penyucian untuk dosa nyata tertentu sebelum penghakiman, karena memang benar selamanya bahwa dia berkata, ‘Siapa pun yang memberontak terhadap Roh Kudus, tidak akan diampuni, baik di dunia ini, maupun di dunia. . Di dalam dunia.’ Jangan’ (lihat Matius 12:32). Kalimat ini berarti bahwa sebagian dosa dapat diampuni di dunia ini, dan sebagian lagi di dunia lain” (Gregory the Great, no. 4, 39). Oleh karena itu, jiwa-jiwa tersebut harus suci agar bisa masuk surga.

Mendoakan Orang Yang Sudah Meninggal Katolik

Selain itu, beberapa tulisan Bapa Gereja dan Tradisi Suci Gereja ditulis tentang proses penyucian setelah kematian dan perlunya berdoa bagi orang mati: St. Klemens dari Aleksandria (150-215), Origenes (185-254), St. John Krisostomus (347-407), Tertullian (160-220), St. Agustinus dari Hippo (354-430), St. Cyril dari Yerusalem (315-386), Gregorius Agung (540-604), Konsili Florence (1439) dan Konsili Trente (1563), dll.

Ibadat Peringatan Arwah Hari Ke 40

Tulisan para bapak gereja ini menunjukkan bahwa kepercayaan terhadap api penyucian diajarkan dan dipertahankan oleh Gereja Katolik sejak abad pertama.

Perhatikan bahwa di atasnya tertulis ‘menyatakan dosa’. Menurutmu apa yang termasuk dosa besar? Kalau ada dosa besar berarti ada dosa berat ya? Tentu saja ada!

Dosa ringan adalah dosa dengan tingkat yang lebih rendah yang tidak mengakibatkan keterpisahan total dari Allah dan hukuman kekal di neraka bagi dosa berat yang tidak bertobat. Sementara itu, dosa berat adalah tindakan atau praktik yang salah besar (asli) yang dapat mengakibatkan hukuman abadi kecuali seseorang dibebaskan darinya sebelum kematian. Dosa dianggap “serius” jika secara kualitatif memisahkannya dari anugerah keselamatan Tuhan. Namun, betapapun seriusnya dosanya, seseorang selalu dapat bertobat. Tentu saja dibarengi dengan keputusan untuk bertobat. Ini memberi seseorang kemampuan untuk menebus atau dimaafkan.

Perlukah kita mendoakan orang yang sudah meninggal? Jawabannya adalah ya, mutlak diperlukan! Jiwa-jiwa di Api Penyucian sangat membutuhkan doa para peziarah kita di dunia ini. Sejak lama, Gereja menghormati kenangan orang mati dan mempersembahkan doa dan kurban Ekaristi kepada mereka agar mereka dapat disucikan dan melihat Tuhan dalam damai. Salah satu contohnya, jika mengingat misa, bapak akan membacakan nama orang yang meninggal dan niat orang yang meninggal.

Mengenang 100 Hari Om Tan

Gereja juga mendukung karya amal, indulgensi dan penebusan dosa bagi orang mati (KGK 1032). Doa, perbuatan, atau penebusan dosa kita, bersama dengan belas kasihan Tuhan, dapat membantu jiwa-jiwa di api penyucian. St. John Chrysostom memiliki gagasan yang sama:

“Oke, ayo bantu mereka dan ingat. Jika saja anak-anak Ayub saja yang disucikan melalui pengorbanan ayah mereka, bagaimana kita bisa ragu bahwa persembahan kita akan menghibur orang mati? Jangan ragu untuk membantu orang yang meninggal dan mendoakan mereka,” ujarnya.

Sahabat sekalian, kami doakan kembali untuk keluarga, sahabat, dan kenalan yang terpanggil Tuhan untuk menghadapi hadirat-Nya, bukan hanya saat ini saja, namun juga di masa yang akan datang, agar mereka berbahagia dan memperoleh kebahagiaan abadi bersama Bapa. surga Bagi kita semua, tetaplah termotivasi untuk mengikuti panggilan hidup, selalu bersyukur dan percaya kepada Tuhan dalam segala keadaan! Mendoakan orang yang sudah meninggal mungkin tampak konyol bagi sebagian orang. Namun bagi kita yang menganut agama Katolik. Ini adalah bagian integral dari tradisi iman Gereja, yang diturunkan dari generasi ke generasi dan berakar pada Perjanjian Lama, didukung oleh katekismus liturgi Gereja Katolik.

Jika kita membuka Perjanjian Lama. Oleh karena itu jelas dalam kitab Makabe bahwa beberapa tentara bersiap untuk menguburkan jenazah rekan mereka yang terbunuh. Mereka melanggar Hukum dengan mendandani teman-teman mereka yang sudah meninggal dengan anak panah yang diambil dari kuil-kuil kafir. Maka para prajurit tersebut memohon kepada Tuhan untuk mengampuni segala dosa rekannya.

Mengapa Katolik Mendoakan Orang Mati

Dalam Perjanjian Baru, kita dapat menemukan pemikiran rasul Paulus tentang gereja dalam kitab Timotius [2 Timotius:19], yang didalamnya terdapat doa yang dipanjatkan rasul Paulus untuk seseorang yang bernama Onesiforus. Rasul Paulus berdoa memohon rahmat Tuhan menyertai mereka dan agar Onesiforus sendiri menerima rahmat Tuhan pada hari kiamat.

: “Semua orang yang meninggal dalam rahmat dan persahabatan dengan Tuhan, namun masih dalam keadaan suci sempurna, terjamin keselamatan kekalnya; tetapi setelah kematian mereka disucikan untuk memperoleh kesucian yang diperlukan untuk memasuki kebahagiaan surga [1030].

Bagi mereka yang mencari roh Katolik atau doa untuk orang mati hari ini. Admin akan memberikan beberapa contohnya, berikut beberapa contohnya:

Tuhan Yang Maha Esa Bapa. Dia menciptakan langit dan bumi. Terutama keluarga kami, saudara-saudara kami yang telah meninggal, dan mendengarkan doa kami.

Merawat Jenazah, Bentuk Hormat Kepada Yang Sudah Meninggal • Berita Umat

Biarkan itu memancarkan kebahagiaan dan kedamaian. Saya memohon kepada Tuhan Allah untuk mengampuni dosa-dosa mereka, sehingga mereka dapat memperoleh hidup yang kekal dan berkumpul dengan orang-orang kudus Anda, seperti yang saya janjikan kepada Abraham dan semua keturunannya dengan iman.

Lindungi mereka dari segala bahaya di hari kiamat. Hapuslah semua kesedihan mereka, hapuslah air mata mereka. Beri mereka kebahagiaan abadi dan kedamaian abadi. Kami memanjatkan semua doa ini dalam nama Juruselamat kami, Tuhan kami Yesus Kristus. Ya

Tuhan Allah memerintah di Kerajaan Surga. Melalui permohonan doa ini, kami percaya kepada saudara-saudara kami yang telah berpulang kepadamu. Kami sangat menyayangi mereka ketika mereka masih hidup, dan sekarang mereka telah meninggal. Biarkan dia mencapai kebahagiaan abadi. Tidak akan ada lagi kesedihan, tangisan dan air mata.

Ampunilah segala dosamu. Biarkan aku hidup selamanya bersama orang-orang kudus dan malaikat suci-Mu. Mereka masih bisa memuliakan namamu di surga. Atas rahmat Maria dan para kudus. Kami berdoa dalam nama Juruselamat kami, Tuhan Yesus Kristus. Ya.

Ibadat Peringatan 1 Th Meninggalnya Alm. Petrus Singgih Murdjono

Itu tidak terbatas. Hari ini kami dengan rendah hati dan khusyuk berdoa, mengistirahatkan jiwa orang-orang yang telah mendahului kami. Saudara-saudara, arwah nenek moyang kita masing-masing. Dari segala dosa yang masih mengikatnya. Biarlah mereka masuk ke dalam kehidupan kekal, ke dalam kehidupan yang dijanjikan kepada Ibrahim dan keturunannya serta kepada semua orang yang beriman kepada rahmat-Mu. Semoga mereka melihat keagungan cahaya wajah-Mu dan memuliakan Nama Surgawi-Mu. Kami memohon hal ini sekarang dan selalu dari Putra-Mu Kristus dan pendoa syafaat kami. Ya

Itulah beberapa contoh doa Katolik untuk roh atau orang mati yang dapat dipanjatkan secara terpisah atau bersamaan. Sebagai pribadi yang hidup dan tumbuh dalam agama Kristen. Mari kita bantu mereka agar mereka mendapat rahmat dan rahmat Tuhan, dan itu sudah menjadi kewajiban kita karena kita masih berziarah di dunia ini. Setelah mendengar kabar duka seseorang, segera doakan orang yang meninggal tersebut.

إنَّا ِللهِ وَنَّا إلَيْهَ Semoga Allah merahmati ِكتابَهُ ِفي ِعلّيِّين وَافخهفاَُُْهَُُُْه ُُّا ِللهِ وَنَّا إلَيْهَ في الغَابِرين وَلَا insya Allah

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, wa inna ila rabina laungalibun, allahummaktubhu ‘indaka fil muhsinin, waj’al kitabahu fi’ illiyyiin, wakhlufhu fi Ahlihi fil ghabirin, wa la tahrimnaa ajrahu wala taftinna ba’dahu.

Doa Pembangunan Kawasan Gereja

Artinya: “Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali. Sesungguhnya kepada Tuhan kamilah kami kembali. Demi Allah, tulislah bersamamu di antara orang-orang yang baik. Markus

. Gantikan dengan mereka yang meninggalkan keluarganya. Janganlah kamu mengingkari pahala dari kami dan kemudian jangan pula mengingkari kami”.

Artinya: “Khususnya bagi ayahku (nama ayah) anak laki-laki (nama ayah). Semoga Allah mengampuninya, menyayanginya, menyelamatkannya, dan mengampuninya, Al-Fatihah.”

Artinya: “Khususnya bagi jiwa ibuku (nama ibu) putriku (nama ayah). Semoga Allah mengampuninya, menyayanginya, menyelamatkannya, dan mengampuninya, Al-Fatihah.”

Institut Shanti Bhuana

Artinya : “Khususnya untuk nyawa anakku (sebutkan nama anak itu). Kepada Allah ampunilah dia, sayangi dia, selamatkan dia dan ampunilah dia, Al-Fatihah.”

Artinya : “Khususnya bagi jiwa putriku (sebutkan nama gadis itu). Kepada Allah ampunilah dia, cintailah dia, selamatkanlah dia, dan ampunilah dia, Al-Fatihah.”

Artinya : “Khususnya bagi kehidupan suamiku (nama suami) anak (nama ayah). Kepada Allah ampunilah dia, sayangi dia, selamatkan dia dan maafkan dia, Al-Fatihah.”

Artinya: “Khususnya bagi nyawa istriku (nama istri) putri (nama ayah). Semoga Allah mengampuninya, mencintainya, menyelamatkannya dan mengampuninya, Al-Fatihah.”

Iman Katolik: Apa Pentingnya Mendoakan Orang Sudah Meninggal?

Jika Tuhan, jika Tuhan, jika Tuhan, jika Tuhan menghendaki دُ إِذَا رَزِيْتَ عَنَّا دًِ

Artinya : “Aku berlindung kepada setan yang telah diusir oleh Allah. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi-Nya!”

Mendoakan orang tua yang sudah meninggal, cara mendoakan orang yang sudah meninggal dunia, mendoakan orang yang sudah meninggal, hukum mendoakan orang yang sudah meninggal, mendoakan ibu yang sudah meninggal, doa untuk mendoakan orang yang sudah meninggal, cara mendoakan orang tua yang sudah meninggal, mendoakan yang sudah meninggal, bacaan mendoakan orang yang sudah meninggal, doa mendoakan orang yang sudah meninggal, badal umroh untuk orang yang sudah meninggal, tata cara mendoakan orang yang sudah meninggal

slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88
slot88

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *